Wednesday, December 26, 2007

WARIA, Stereotipe negatif ?

Waria, banci, bencong, homoseksual, entah apalagi sebutan mereka, banyak wacana homoseksual dilontarkan di dalam masyarakat, yang kemudian sering terungkap adalah sudut pandang dari masyarakat yang mengatakan bahwa homoseksual itu haram, bertentangan dengan agama, penyakit kejiwaan dan penyimpangan seksual.Pada kenyataannya kaum homoseksual sama dengan kaum heteroseksual, mereka berperilaku sama dengan kaum heteroseksual lainya, yang membedakan hanya orientasi seksual mereka. Stigma ini muncul karena di Indonesia homoseksual dianggap sebagai Stereotipe negatif, masyarakat kelas dua. Bagi mereka homoseksual merupakan sebuah pilihan,
saya bukan seorang homoseksual tetapi saya peduli dan sadar atas kehadiaran mereka ditengah-tengah saya, dan saya bersikap menerima mereka apa adanya tanpa melakukan tindakan diskriminasi
foto-foto waria ini saya diambil 3 tahun lalu disebuah perkampungan yogyakarta, bersama NGO yang mendampingi mereka. disana terbentuk komunitas waria-waria yang berbaur bersama warga masyarakat sekitarnya, kebanyakan dari mereka bekerja sebagai seks komersil, melalui pendampingan NGO mereka diharapkan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak, sampai saat ini project NGO tersebut masih terus berlangsung

5 comments:

Anonymous said...

Ya ampuunn ndut... foto gw kok dipajang di sini siihh??? Jgn bikin malu ah klo elu pernah nyewa gw hihihihi :D

Nice photos... nice effort

dhiraestria dyah said...

waw.. keren2 bgt deh fotonya..
trus kamu yang mana tuh?
:p

sumaryanto bronto said...

AKU? aku yang motret donk...
hehehehehe

xhin said...

wahh lucuuu... ak suka penasaran sama waria pengen tanya2 kenapa sih kok dia pengen jadi cewe.. pgn juga punya sohib waria asal yang baik yah.. hehe and keren juga teknik fotonya.. top deh kang! hehe :D

Anonymous said...

thanx for sharing the thought and moments... i appreciated that..

saya seorang waria dari Bali. well, you're so right. tidak bisa dipungkiri kenyataan tentang pandangan masyarakat terhadap golongan minoritas. been travel a bit, even di australia or america, stigma itu masih melekat pada masyarakat. even in some places in USA, it's more extreme then in asia.


love your work... it's a piece of art... keep up good work... i enjoy it a lot...



fiona